Searching...
Selasa, 15 Desember 2015

Backup Konfigurasi Mikrotik ke-email secara Otomatis

03.15
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sedikit kata sebagai pengantar boleh dibaca juga boleh dilewati, sebenarnya tujuan saya disini adalah berbagi pengalaman barangkali ada yang sedang membutuhkan.
Saat kita sudah mempercayakan semua pengaturan/setting/konfigurasi tersimpan pada sebuah router mikrotik, terkakadang kita semakin khawatir bila terjadi bahaya/kerusakan pada router kita contohnya : tiba-tiba router mati/terbakar/tersambar petir yg biasanya dihubungkan dengan wireless dan setting/konfigurasi yang tertanam tidak bisa di ambil, untuk mengurangi kekhawatiran bila hal ini terjadi kita perlu membackup secara rutin dan menyimpan di tempat yang aman, hal ini bener-bener saya alami. berikut saya tuliskan langkah-langkahnya.
1.  Pertama, buka winbox seperti gambar dibawah ini,
     
 2.  Kedua, setting e-mail
      
         atau lebih baikknya menggunakan perintah dibawah ini, dengan script ini server smtp.gmail.com akan diisi otomatis dengan perintah :resolve
/tool e-mail set address=[:resolve smtp.gmail.com] from=<router-mikrotik> password=Keraj44n port=587 start-tls=yes \user=dropbox1david@gmail.com 
3.  Ketiga, tambah script
     
4.  Keempat, membuat jadwal/schedule script yang telah kita buat dijalankan

5.  Kelima, mengaktifkan POP dan IMAP pada email gmail.com yang kita jadikan sebagai server/pengirim email. jadi disini menggunakan 2 email yaitu sebagai pengirim dan penerima. konfigurasi ini hanya perlu dilakukan di email yang dijadikan sebagai pengirim.
     
     
      kemudian ketik diaddress : https://www.google.com/settings/security/lesssecureapps
    
6.  Terakhir, jalankan script yang telah kita buat
     
kemudian silahkan coba jalankan run script,tandanya konfigurasi ini berjalan email tujuan tersebut akan menerima backup setting/konfigurasi dari mikrotik router yang anda setting, seperti gambar dibawah ini.
     
sekian terimakasih semoga bermanfaat. amiin

Note : Untuk Mikrotik versi 5.18 dengan key : W5EY-LHT9 start-tls=yes berubah menjadi tls=yes

0 komentar:

Posting Komentar