Searching...
Kamis, 26 November 2015

Membuat Charger Otomatis Dengan SCR

05.07

Tr1 harus diatur untuk menentukan batas voltase yang diinginkan. Accu basah biasanya di-charger dengan voltase 13,8 V, sedangkan accu kering dan semi kering 14,5 - 14,9 V.
Cara mengesetnya, putar potensio\timpot Tr1 hingga berada di posisi tengah, hidupkan chargerr, pasang accu yang akan di-charger. Amati proses pengisian dengan voltmeter hingga voltase accu mencapai voltase yang diinginkan.
Kemudian putar potensio R2 hingga LED menyala. Chargerr sudah siap digunakan sekarang. Untuk men-charger berbagai macam tipe accu, lakukan hal yang sama untuk tiap accu dan tandai posisi potensiometer Tr1untuk tiap tipe accu. Q1 dan diode bridge harus diberi heatsink. Jika rangkaian dikemas dalam casing, maka diperlukan fan kecil yang bisa dicatu dari keluaran Dioda Bridge dan harus ditambah regulator supaya fan tidak rusak. T1 adalah transformator dengan voltase primer sesuai dengan voltase lingkungan kerja Anda, dan sekundernya sekitar 12V.
Dengan voltase yang lebih tinggi (16 - 18V), Anda bisa men-charger accu dengan voltase 16V. Jika rangkaian dimatikan, accu harus dilepas dari rangkaian, jika tidak maka rangkaian akan menguras accu pelan-pelan. Kita juga bias  memperkirakan waktu/lamanya accu yg kita charger penuh. pakai rumus ini (Lama Waktu Charger= Arus Accu : Arus Charger) Misal saya charger accu 9A dengan Charger 3A, Lama Waktu Charger=9:3= 3 Jam.

0 komentar:

Posting Komentar