Searching...
Kamis, 20 Agustus 2015

Sharing IP-TV atau USEE-TV produk telkom melalui wireless aksespoint

16.31
Alhamdulillah hari ini telah diingatkan dengan satu kalimat yang ditulis oleh jasakom waktu jalan-jalan bareng keluarga ke sebuah toko buku togamas di kediri, kurang lebih tulisannya seperti ini "tuliskan pengetahuanmu kesebuah buku yang bermanfaat bagi dirimu sendiri atau orang lain jangan hanya diangan-angan...!" sungguh ngena kata-katanya :-)
Oke trimakasih sudah mau mengunjungi blog yang saya sendiri jarang membukanya hehe... :-), kali ini saya akan menuliskan teknik atau cara yang bisa diterapkan kawan-kawan yang ingin sharing IP-TV atau USEE-TV melalui aksespoint apapun merknya yang penting bisa konek dengan aksespoint klien dengan mode "Bridge" berikut saya gambarkan topologinya :
berikut saya sertakan konfigurasi EOIP dimikrotik :
Langkah :
1. create ip address baru
2. buat eoipnya masukkan ip local-address  dan remote-address dan tentukan tunnel-IDnya (tunnelID ditentukan sebagai tanda koneksi EOIP)
3. create bridge 
4. tentukan port dan EOIP yang menjadi grup bridge yang telah dibuat 

Oke sudah selesai untuk konfigrasi mikrotik dari sisi sumber dan tujuan kurang lebih hampir sama,
tahap berikutnya dari sisi sumber tinggal colok port yang digunakan untuk UseeTV dari modem ke ether yang ditunnel dengan EOIP, dari sisi tujuan colokkan kabel LAN ke STB-TV ke port yang ditunnel.

Oke trimakasih semoga ini bisa mengingatkan saya dan bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan, semoga bermanfaat. amiiin...


4 komentar: